Kamis, 26 Agustus 2021

TRIK KREATIF PROMOSI BUKU


1. Judul               : Trik Kreatif Promosi Buku
2. Resume ke     : 19
3. Gelombang    : 20
4. Tanggal           : 23 Agustus 2021
5. Tema                : Teknik Promosi Buku
6. Narasumber  : Akbar Zainudin



Bismillahirrahmanirrahim 

Hari tadi hari yang sangat melelahkan, banyaknya kegiatan yang menuntut harus beride cepat dan bergerak sigap. Tapi alhamdulillah semuanya berjalan lancar. Terima kasih ya Allah.

Malam ini selesai saya membaca pesan-pesan WA, 30' lagi menjelang kuliah menulis materi ke-19 dimulai.  Alhamdulillah semangat belajar dalam diri selalu menggebu. Suatu rezeki yang Kau beri ya Rabby, maasyaa Allah.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya: “Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majelis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS.  Surat Al-Maidah ayat: 11).

Semoga ilmu-ilmu kami yang didapat dari kuliah menulis online ini Allah berkahkan, aamiin.


Grouf WA beberapa saat yang lalu sudah dikunci oleh Om Jay. Lalu beliau menginfokan biodata narasumbernya.

Mari kenali👇


Nah ini dia diantara buku-buku karya beliau, maasyaa Allah 🤩🤩


Buku karya beliau yang pertama, dan merupakan buku best seller



Kalau ini buku panduan lengkap menulis, dan diantara isinya yang akan beliau bahas malam ini 


Ayo kita masuk ke materi ...!

Dan materi yang akan disampaikan pak Akbar malam ini yaitu "TEKNIK PROMOSI BUKU"


STRATEGI PEMASARAN BUKU 

Sebelum kita menentukan strategi  pemasaran buku, menentukan target pembaca penting dilakukan terlebih dahulu, bahkan sebelum kita menulis. Karena strategi untuk anak-anak tentu saja berbeda dengan strategi untuk remaja, demikian juga untuk orang tua. 

Strategi pemasaran, termasuk buku terdiri dari empat hal, yang biasa disebut sebagai 4P, yaitu Product (Strategi Produk), Price (Strategi Harga), Place of Distribution (Distribusi), dan Promotion (Promosi). 


Kita bahas satu persatu yuk...!

☀️ STRATEGI PRODUK.

Ini sebenarnya lebih banyak menjadi tanggung jawab penerbit. Kita sebagai penulis lebih banyak memberikan masukan kepada penerbit siapa target pembaca kita dana pa kebutuhan mereka terhadap buku kita. 

Dengan demikian, konsep buku yang akan diterbitkan nanti menyesuaikan dengan kebutuhan dari target audiens.

☀️ STRATEGI HARGA. 

Menentukan harga buku adalah tanggung jawab penerbit.

Pada dasarnya penentuan harga buku, ada dua strategi. 

👉 Harga umum

👉Harga premium (lebih mahal dibandingkan buku biasa).

Harga buku bisa dijual lebih mahal jika mempunyai nilai tambah dibandingkan dengan buku-buku yang lain. Misalnya hard cover, ditambah bonus-bonus (voucher seminar, workshop, dan lain-lain)

☀️ STRATEGI DISTRIBUSI

Distribusi secara umum dibagi menjadi dua: 

👉 Distribusi tradisional 

Distribusi tradisional adalah melalui toko-toko buku, baik toko-toko buku jaringan nasional maupun toko buku lokal. 

👉 Distribusi non tradisional.  

Sedangkan distribusi non tradisional, di antaranya adalah: 

👉Melalui MLM (Multilevel Marketing)

👉Melalui Penjualan Langsung

👉Melalui Marketplace/e-Commerce (Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dll).

☀️ STRATEGI PROMOSI

Program promosi bisa dilakukan oleh penerbit maupun penulis. Beberapa program promosi yang bisa dilakukan. 

👉Launching buku

Launching buku adalah program untuk meluncurkan buku baru. Bisa di aula, masjid, lembaga pendidikan, hotel, di mana saja. Yang mengadakan bisa penerbit maupun penulis. 

Lalu yang membiayai launching buku siapa? Bisa penerbit, bisa penulis. Kita perlu meyakinkan penerbit kalau buku kita akan laku, karena itulah mereka perlu menyelenggarakan program launching buku. 

Kalau di Gramedia, di toko-toko buku mereka ada tempat untuk launching buku. Kita bisa memanfaatkan tempat ini. Jadi kita promosikan acaranya, tempatnya di toko buku Gramedia. 

👉 Bedah Buku. 

Bedah buku adalah acara diskusi untuk membedah isi buku kita. Bedah buku ini bisa secara online maupun offline. Offline artinya kita menyelenggarakan bisa bekerjasama dengan berbagai lembaga. Lembaga pendidikan, perpustakaan, majlis taklim, masjid, dan sebagainya. 

Bedah buku secara online pun bisa dilakukan, dan akan lebih mudah. Kita undang orang-orang untuk ikut acara bedah buku bersama kita. Bisa di FB, IG, WA Grup, Zoom, dan sebagainya. 

👉 Seminar atau workshop 

Tema seminar/workahop bisa disesuaikan dengan tema buku yang kita promosikan.

Bahkan menggratiskan kegiatan seminar atau workshop pertama merupakan ide cerdas, karena target kita adalah mengenalkan buku kepada para peserta. Lakukan seminar/workshop secara kontinu, misalnya sebulan sekali. Kalau misalnya bisa offline, laksanakan di sekolah misalnya. Kalau tidak bisa offline, lakukan secara online. Bisa via WA, Zoom, FB, IG, dan sebagainya. 

👉 Membangun komunitas

Komunitas yang kita bangun adalah komunitas yang kita sesuaikan dengan tema buku kita. Kalau buku kita temanya motivasi, maka kita tuliskan buku-buku tentang motivasi. Buku tentang guru, maka bangun komunitas guru dan lain-lain.

Komunitas membuat kita lebih dekat dengan pembaca sehingga memudahkan kita untuk menawarkan mereka dalam membeli buku. Lakukan share materi ke komunitas secara kontinyu. Sesekali bisa juga melakukan  seminar melalui Zoom

👉 Membangun jaringan reseller 

Reseller adalah orang-orang yang mau menjualkan buku kita dan mendapatkan buku dari hasil yang terjual. Kita berikan 20-30 persen komisi dari harga jual. Kita berikan materi-materi yang terkait buku kita, sehingga lebih mudah bagi mereka untuk menjual.

👉 Jualan di marketplace

Buka toko di marketplace misalnya: Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan sebagainya. Membuka toko di marketplace akan meluaskan promosi dan distribusi kita.  

Yang penting keberadaan kita dan buku kita ada. Itulah pentingnya ada di marketplace. Jadi kalau ada orang mencari judul buku kita, bisa ditemukan.

👉Memanfaatkan media sosial (Medsos) untuk promosi buku. Manfaatkan sebaik-baiknya followers dan subscriber dengan memberikan informasi tentang buku. Setiap hari, kita buat status terkait tema buku yang kita tulis, sehingga orang semakin paham dengan buku yang kita tulis. 

Dan jangan setiap hari isinya jualan. Lebih banyak sharing-sharing, baru selling. Lebih banyak memberikan pengetahuan kepada para pembaca sehingga mereka merasa ada manfaat menjadi followers kita. 

Langkah yang kita lakukan pada dasarnya bertujuan mempengaruhi orang agar mereka mau menjadikan buku sebagai kebutuhan utama. Dan dengan membaca akan banyak membuka wawasan, pengetahuan, dan pilihan dalam mengambil keputusan. 

Dengan bersama-sama membangun kebutuhan akan membaca, maka akan memudahkan kita dalam proses menjual buku.


Di ahir pemaparan beliau,

beberapa keterampilan yang harus dimiliki seorang penulis, akan membantu proses penjualan buku. Diantaranya:

1. Keterampilan berbicara yang baik di depan umum (public speaking). Agar pada saat kita ada acara ataupun rekaman di Medsos dan YouTube, menjadi menarik bagi calon pembaca.

2. Kemampuan copywriting (membuat kata menarik untuk promosi dan penjualan). Ini salah satu keterampilan paling penting untuk menjual pada Abad 21. 

3. Pemanfaatan teknologi informasi. Bagaimana memanfaatkan media sosial seperti YouTube, WA, IG, Facebook, Zoom, Webex, Google Meet, dan sebagainya. Karena eranya sekarang seperti itu. Kalau kita bisa memanfaatkan dengan baik, hidup akan lebih mudah.


Rangkuman Tanya Jawab:

👉Untuk meningkatkan percaya diri penulis pemula, lakukan latihan menulis sesering mungkin, lalu terbitakan. Dan terus lakukan berulang-ulang.

👉Untuk berjualan produk, bisa gunakan kombinasi teknik hard selling atau shopee selling supaya tidak membosankan.

👉Niatkan menjual produk kita bukan hanya demi keuntungan, namun  utamakan manfaat yang ditebar.

👉Menemui kendala dalam promosi produk hal biasa, fokuskan cari solusi lain dalam mempromosikannya.

👉Prospek perbukuan di era digital tidak bisa dipungkiri, pasti akan melesat suatu hari. Namun sekarang ini fifty fifty dengan buku kertas.

👉Maraknya youtube  mempengaruhi minat orang untuk membaca buku,  tentu. Namun jika budaya riset kita tinggi maka minat baca bukupun tetap  mempunyai tempat yang utama. Bahkan masuk ke youtube seperti yang dilakukan pak Akbar perlu juga, tujuan mentriggers orang agar membaca buku-buku kita.

👉Awal menguasai teknik promosi buku ala pak Akbar, selain belajar teknik promosi secara umum, kita bisa belajar dari orang-orang yang bukunya sudah banyak laku,  melalui membaca bukupun penting, dan praktekkan.

Alhamdulillahirabbil 'alamin




Ciamis Jawa Barat, 23 Agustus 2021
Cila Lia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Literasi

  Tenunan Kata Penuh Makna 3 Cilalia Setelah melewati perjuangan sangat panjang, sejak tahun 2022, baru rampung bulan ini. Antologi Puisi Pe...