Minggu, 03 April 2022

Literasiku

Ikut Tantangan Jadi Kurator 

Oleh: Cila Lia 


Ikut Tantangan Jadi Kurator di Grup WIMP MPA dari guru saya bunda Kanjeng. Tantangan kurator project antologi. Tantangan ditawarkan pada bulam Desember 2021, ini tantangan akhir tahun.

Ada 38 yang ikut tantangan dengan berbagai tema dan judul calon antologi. Saya beride antologi puisi dengan tema bebas dan judul buku 'Tenunan Kata Penuh Makna.'

Sampai bulan Maret ini terkumpul 59 peserta di grup antologi Tenunan Kata Penuh Makna, alhamdulillah.

Dl pengumpulan naskah dan transfer biaya tanggal 29 Maret kemarin. 

Alhamdulillah naskah siap edit lanjutan oleh bunda Kanjeng, setelah diedit awal oleh saya. 

Tiga hari ini saya fokus membuat sinopsis, menyusun nama penulis untuk di cover, membuat prakata dan daftar isi sementara untuk syarat pengajuan ISBN.

Setiap perjuangan slalu saja mengalami kendala, seperti halnya yang saya alami, naskah yang sudah rampung digabung dan diedit, prakata dan daftar isi pun telah selesai dibuat tetiba Kamis siang rusak. Kaget dong sekaligus bingung.



File saat dibuka di laptop teman, tampilan sama dengan saat saya buka di HP saya 


Hmmm ...galau mesti minta tolong sama siapa untuk memulihkan file naskahnya. Apa harus ngetik ulang? fikir saya. 

Allah slalu memberi jalan apabila kita mau berusaha dan sabar juga tetap semangat. Akhirnya saya ketik ulang alias gabungkan ulang naskah-naskah puisi semua peserta, prakata dan daftar isi pun demikian, saya buat baru.

Kemarin siang dan malam saya fokus mengerjakan naskahnya. Alhamdulillah semangat tetap menyertai, walau sempat bingung diawal. 

Hari ini masih lanjut mengedit, insya Allah besok selesai, sambil masih setia menunggu naskah baru dari para peserta. 



Tampilan naskah prakata 


Dan alhamdulillah saya mengetik/ menggabungkan naskahnya di HP di 'WPS' karena laptop saya chargernya hilang belum beli lagi ups. Tapi tidak mengurangi kefokusan dan semangat saya bekerja. 


Salam Literasi πŸ™πŸ™



Cila Lia Berkisah πŸ€—πŸ’–πŸ’–

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Literasi

  Tenunan Kata Penuh Makna 3 Cilalia Setelah melewati perjuangan sangat panjang, sejak tahun 2022, baru rampung bulan ini. Antologi Puisi Pe...