Selasa, 03 Agustus 2021

CERDAS KREATIF MASARIN BUKU



1. Judul               : Cerdas Kreatif Masarin Buku

2. Resume ke     : 10
3. Gelombang    : 20
4. Tanggal           : 2 Agustus 2021
5. Tema                : Pemasaran Buku
6. Narasumber  : Agus Subardana




 "Buku adalah sumber ilmu terbaik bagi siapa pun yang membacanya."


Bismillahirrahmanirrahim


Senin malam adalah jadwal materi kuliah menulis online gelombang 20 seperti biasa. Malam ini kami dihadirkan seorang narasumbr dari Jogyakarta. Beliau adalah bapak Agus Subardana seorang ahli pemasaran di penerbit Andi di Jogyakarta.


Resensi Buku

Awal pemaparan yang sangat menarik dari beliau "Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana  penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku. 

Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku."

Pernyataan di atas sesuai sekali dengan kebiasaan saya membacakan buku pada anak-anak usia dini di tempat saya mengajar PAUD KOBER RIJALUL HIKAM dan sekitarnya, sebagai ajang mengenalkan berbagai ilmu pengetahuan melalui kegiatan dibacakan buku. Juga ajang mengenalkan buku sejak dini agar anak-anak mulai dari anak didik saya, anak-anak guru di yayasan saya dan anak2 di lingkungan rumah saya mengenal buku ... suka buku ... mau dibacakan buku bahkan harapan selanjutnya mereka jadi cinta membaca. 

Alhamdulillah mereka antusias sekali dengan kegiatan ini. Bahkan sampai ada anak yang kecanduan minta sering/terus dibacakan buku, maasyaa Allah.

Untuk semakin menumbuhkan ketertarikan pada kegiata ini, program ini sengaja saya beri nama lucu dan unik   "Limit Baku" (lima belas menit dibacakan buku). Ide nama ini muncul menjelang kami melaksanakan kegiatan Gernas Baku (Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku) pada tahun 2019.

Limit Baku kami adalah kegiatan pembiasaan membacakan buku hanya berlangsung 15 menit saja setiap harinya. Kalau di kelas PAUD dilaksaakan di pagi hari sebelum kami memulai pembelajaran inti. Buku yang dibacakan bisa sesuai tema pembelajaran dan bisa juga buku tema/judul bebas yang paling anak suka pada pagi itu.

Kalau di luar PAUD kami melakukannya kapan saja sesuai permintaan anak-anak yang ingin dibacakan buku.


Kembali lagi ke materi pemaparan pak narasumber, ngomong -ngomong soal buku anak, kali ini pak Agus pun menjelaskan kategori buku di penerbit tempat beliau bekerja, ada 32 kategori katanya..., Woow banyak yah..😱, dan diantaranya ada buku anak juga, maasyaa Allah kalau sudah sebut menyebut buku anak saya semakin semangat nih πŸ’ͺ

Berikut kategori buku di penerbit beliau: buku anak, buku bisnis, buku pertanian, buku fiksi-novel, buku pengembangan diri, buku teks dll.

Mengapa banyak sekali kategori buku di penerbit Andi beliau yaah? Sengaja ini salah satu trik cerdas dan unik menunjang strategi dalam pemasaran penjualan bukunya.


Lalu kami diajak mengenal strategi pemasaran buku oleh beliau πŸ’ͺπŸ€—

Strategi Pemasaran

Sepenting itukah strategi dalam pemasaran buku?

Tentu saja sangat penting dong, dengan strategi memperbanyak kategori buku saja misalnya, maka  dalam pemasaran penjualan buku akan lebih banyak pilihan produk karya yang disuguhkan bagi penikmat buku. Juga Mengingat kondisi saat ini dimasa pandemi kalau tidak pandi-pandai menyiasati bisa jadi berkurang penggemar dan bahkan gulung tikar.

Terlihat jelas dibawah ini dampak dari kondisi pandemi pada penjualan bukuπŸ‘‡




Lalu menurut beliau ubah strategipun diperlukan, misal perubahan pasar secara digital/onlineπŸ‘‡



Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran 

Kita perlu juga mengetahui faktor yg dapat mempengaruhi strategi pemasaran, apa saja ya...?

1. Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.

2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya. 


Pemetaan Strategi Pemasaran 

Selanjutnya kami juga diajak mengenal pemetaan strategi pemasaran buku, yaitu:

1. Strategi pemasaran buku serangan udara/ online

πŸ‘‰ Dapat menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar komersial

πŸ‘‰ Dapat konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama dengan tetap mempertahankan kepercayaannya

πŸ‘‰Menjaga kestabilan penjualan saat kondisi pasar sedang lesu.

πŸ‘‰ Bagaimana kita dapat menaikkan penjualan dan provit lewat saluran online 

πŸ‘‰ Membandingkan kelebihan produk dengan pesaing

2. Strategi pemasaran buku serangan darat

πŸ‘‰ Target pasar toko buku, toko modern, toko semi modern dan toko tradisional

πŸ‘‰ Kunjungan door to door, kunjungan ke sekolah-sekolah dari mulai tingkat PAUD, SD, SMP, SMA/SMK sampai perguruan tinggi.


Diakhir pemaparannya beliau,

"Terus berkarya lewat tulisan buku, karena dengan karya tulisan buku sangat membantu kita dalam mencerdaskan bangsa lewat literasi

Potensi pasar buku tidak ada habisnya selagi manusia mau belajar dan terus belajar pasti akan membutuhkan buku.

Dan buku tidak akan lekang oleh waktu, pasti akan selalu dibutuhkan  oleh masyarakat dan oleh pendidik-pendidik di Indonesia."


Alhamdulillahirabbil 'alamiin


Bu Lilis dan pa Yaya
Thalia dan Salsa
Mari terus menulis untuk hasilkan karya
Demi tujuan mulia mencerdaskan bangsa

      


Ciamis, 04 Agustus 2021
Cila Lia Yuflihah











8 komentar:

  1. "Continue to work through book writing, because with the work of book writing is very helpful for us in educating the nation through literacy

    The potential of the book market is endless while people want to learn and continue to learn will definitely need books.

    And the book will not be timeless, it will always be needed by the community and by educators in Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, insya Allah....semangaat...πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

      Terima kasih om...πŸ™πŸ€©

      Hapus
  2. Ini keren. Pembahasannya lengkap dan rinci. Mantaap bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih bun sudah mampir πŸ™πŸ€©

      Hapus
  3. Judul saja mungkin...

    Lebih pas trik jitu pemasaran buku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe itu mah judul mah bahasanya gimana srek masing2 ajah pa πŸ™πŸ˜

      Maksud saya klo seorang pemasar yg cerdas kreatif mah, akan terfikirkan buat melahirkan/nyiptain trik jitu pemasaran buku, itu sangat nyambung...pa πŸ™

      Hapus

Literasiku

Antologi Pertama Di Yayasan Pendidikan Islam Rijalul Hikam Oleh: Cilalia   Perdana, antologi karya guru, anak MTs dan MA di Yayasan Pendidik...